Jika Berkoalisi, Sutiyoso Realistis Tak Akan "Nyapres"

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengaku akan mengalah untuk tidak menjadi calon presiden jika partainya berkoalisi dengan partai-partai lain menghadapi Pilpres 2014. Sutiyoso mengaku akan realistis mengikuti dinamika politik yang terjadi setelah pemilu legislatif nanti.

 

"Oh tidak harus, tidak harus jadi capres, kita realistis saja," kata Sutiyoso di Kantor PKPI, Jakarta, Senin (10/2/2014).

Sampai saat ini, PKPI belum menentukan partai mana saja yang akan diajak berkoalisi. Namun, Sutiyoso menilai, koalisi adalah sesuatu yang sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap partai.

 

Mantan Pangdam Jaya itu berharap, nantinya dapat berkoalisi dengan partai-partai kecil dan menengah. Menurutnya, partai kecil dan menengah bisa mengalahkan partai-partai besar jika kompak bersatu.

"Kalau partai kecil menengah cuma ikut-ikutan partai besar saja, ya tentu tidak akan menang," lanjutnya.

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, sebagai partai kecil, target PKPI juga sangat realistis menghadapi Pileg. Menurutnya, partai yang baru saja merayakan hari jadi ke-15 itu hanya menargetkan lolos ke parlemen. Artinya, PKPI cukup mendapatkan suara 3,5 persen.

 

Dia mengaku optimistis PKPI dapat meraih target tersebut jika seluruh kadernya bekerja keras sampai pemilu legislatif pada 9 April. "Yang penting lolos ke parlemen dulu, sisanya kita lihat nanti," pungkasnya.

Leave a Reply